Dinas Pendidikan Kalteng Kumpulkan Data Sekolah Perlu Direhab

Palangka Raya – Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan layanan pendidikan kepada masyarakat. Salah satu program yang diperhatikan adalah pengadaan dan perbaikan sarana program belajar mengajar di sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Gazali Rahman di Palangka Raya mengatakan, program rehab sekolah di kabupaten/kota akan segera ditangani oleh Disdik. Namun terlebih dahulu harus melalui proses pendataan dan pengajuan usulandari masing-masing daerah.

“Program rehab sekolah merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk meningkatkan layanan dan program belajar mengajar di sekolah. Namun Disdik juga melihat dari segi prioritas untuk melihat yang mana sekolah yang harus didahulukan,” jelas dia.

Untuk itu, Disdik juga terus melakukan pengecekan langsung ke beberapa sekolah yang nantinya mendapat bantuan rehab berat maupun sedang pada tahun 2017, serta sejumlah sekolah yang diusulkan mendapatkan perbaikan pada tahun anggaran 2018.

Ia mengatakan, dalam hal ini Disdik melakukan pengecekan mulai dari ruang kelas, ruang guru, perpustakaan sampai pada sarana WC siswa. Pihak Disdik ingin memastikan bahwa sejumlah sekolah tersebut memang layak dibantu perehaban maupun memenuhi syarat untuk diusulkan pada tahun berikutnya.

Menurutnya, pengecekan langsung itu juga bentuk dari pengawasan oleh pemerintah terhadap proses pembangunan infrastruktur maupun sarana pendidikan yang sedang dibangun untuk melayani kepentingan masyarakat.

“Sejumlah bantuan rehab tersebut juga dianggarkan melalui DAK guna meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan. Anggaran yang disiapkanpun bervariasi sesuai kondisi sarana pendidikan tersebut, “ pungkas dia.



Dinas Pendidikan Kalteng Kumpulkan Data Sekolah Perlu Direhab